Monday, September 19, 2016

Cara Mudah Mengajukan NISN Bagi Siswa Baru Melalui Verval pd


Cara Mengajukan NISN Bagi Siswa Baru Melalui Verval PD - NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) adalah Nomor induk yang digunakan untuk mengidentifikasi bahwa siswa dalam suatu sekolah sudah terdaftar secara nasional dalam kementrian pendidikan. NISN ini sifatnya penting karena berguna untuk syarat berbagai macam hal, seperti Ujian Sekolah/Nasional, Beasiswa, BSM, dll. Oleh karena itu diwajibkan kepada setiap siswa agar memiliki NISN. Tidak seperti dulu, sekarang ini untuk mendapatkan NISN sangat mudah.

Pertama, data siswa diinputkan kedalam aplikasi Dapodik, kemudian Operator Sekolah melakukan sincronisasi. Setelah kurang lebih 2x24 jam maka hasil sincronisasi tersebut akan masuk kedalam database halaman vervalpd yang terintegrasi dengan Dapodik. Dari verval pd inilah data siswa baru tersebut akan diajukan agar mendapat NISN.

Cara Mengajukan NISN Bagi Siswa Baru Melalui Verval PD

1. Buka laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id , login menggunakan email dan password Dapodik. Jika gagal login/tidak bisa login berarti Anda harus melakukan registrasi ulang.



 2. Pastikan siswa baru sudah diinput dalam aplikasi Dapodik dan sudah melakukan sinkronisasi. Siswa baru akan masuk ke dalam database verval pd kurang lebih 2x24 jam.
Setelah berhasil login maka akan muncul tampilan seperti yang ditunjukan gambar di bawah ini. Klik Residu untuk melihat data siswa baru.
3. Selanjutnya klik nama siswa satu persatu dan klik tombol Not Match.
4. Akan muncul dialog konfirmasi, klik Ok. Lakukan sampai siswa yang terdapat pada residu habis.
5. Setelah Residu Kosong selanjutnya pilih menu "Konfirmasi Data". Di dalam Konfirmasi data terdapat nama-nama siswa baru tadi. Jika sekiranya tidak menemukan masalah centang semua nama siswa kemudian klik OK.
6. Terakhir pilih menu "Referensi" untuk mengecek apakah siswa baru sudah masuk dalam daftar kolektif siswa.
Demikian  tentang bagaimana Cara Mengajukan NISN Bagi Siswa Baru Melalui Verval PD, semoga bermanfaat.
                          %%%% selamat mencoba %%%%



0 komentar:

Post a Comment